Program Sarjana

 

Ketua Program Studi    
     
Yefrizawaty
 
       

Dr. Yefrizawati, SH.,M.Hum

 

     
Sekretaris Program Studi    
     
affila   Dr. Affila, SH.,M.Hum

 

Profil Singkat Program Sarjana

Universitas Sumatera Utara awalnya berbentuk Yayasan, yang didirikan pada tanggal 4 Juni 1952 oleh Abdul Hakim (Gubernur Propinsi Sumatera Utara), Dr. Mansoer (Chirurg di Medan), dan Dr. Soemarsono (Inspektur Kesehatan Rakyat Propinsi Sumatera Utara). Bulan Januari 1954 Yayasan Universitet Sumatera Utara mendirikan Fakultet Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, yang diresmikan pada tanggal 12 Januari 1954. Selanjutnya pada tanggal 1 September 1955 Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat serta Fakultas Kedokteran diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Beberapa tokoh yang berperan dalam hal ini adalah: Prof. Mr. T. Dzulkarnain, Prof. Mr. Mahadi, Prof. Mr. Ani Abbas Manoppo, Prof. Mr. Mahammad Yusuf, Mr. Tagor Ginagan Harahap, T. Jafizham, S.H. Para tokoh tersebut kemudian disertakan dalam proses pembentukan Universitas Negeri di Medan yang tercantum di dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Pengajaran dan Kebudayaan RI No. 34175/S tanggal 29 Maret 1957.

Pada hari Rabu tanggal 20 November 1957, Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia meresmikan berdirinya Universitas Sumatera Utara. Tokoh-tokoh lain yang tidak dapat dilupakan peranannya dalam hal ini adalah: Prof. Mr. Suhunan Hamzah, Drs. Cung Tet Lie, Prof. Mr. Tan Tjeng Bie, Prof. Mr. T.M. Hanafiah.
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0325/U/1994 tanggal 9 Desember 1994 dan Surat Keputusan Rektor USU No. 1637/PT05.H/SK/I/95 dinyatakan bahwa Fakultas Hukum hanya mengelola satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum.

Keluarnya Peraturan Pemerintah RI No. 56 Tahun 2003 pada tanggal 11 November 2003, USU ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT. BHMN) dan Fakultas Hukum merupakan salah satu unit pelaksana akademik dari PT. BHMN USU.
Tahun 2012 dengan keluarnya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, USU ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri badan hukum (PTN bh) disamping Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Airlangga.

Visi

Menjadi Prodi S1 Ilmu Hukum yang terkemuka, yang menghasilkan lulusan berkualitas, bermoral, profesional dan memiliki keunggulan kompetitif, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian hukum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang menekankan pada pemecahan masalah sesuai dengan trend perkembangan hukum nasional dan  internasional.
  2. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui pembangunan sarana, prasarana, fasilitas pendidikan, pembinaan karir serta peningkatan kesejahteraan dosen dan pegawai.
  3. Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah dan pengabdian pada masyarakat dengan pemecahan masalah (solutions) sesuai dengan pengembangan hukum ditingkat nasional dan internasional sesuai dengan kompetensinya.
  4.  Membangun jaringan kerjasama dalam rangka meningkatkan daya saing dengan instansi pemerintah, pihak swasta dan Organisasi Non-Pemerintah.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki capaian pembelajaran dan daya saing di bidang hukum sesuai dengan perkembangan hukum nasional dan internasional.
  2. Memaksimalkan hasil transfer of knowledge dalam proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan wawasan berpikir sivitas akademika untuk memecahkan persoalan hukum baik di tingkat nasional maupun internasional, dalam upaya mewujudkan visi USU menjadi universitas yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.
  4. Memaksimalkan peran Dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Penelitian, sebagai upaya pengembangan keilmuan hukum pada masyarakat Indonesia dan masyarakat Global.
  5. Meningkatkan peran serta sivitas akademika dalam kegiatan Pengabdian pada masyarakat, agar keberadaan Fakultas Hukum USU dapat dirasakan  manfaatnya oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya masyarakat Sumatera Utara.