• Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
    Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
  • ISMA Awardees FH USU;
    ISMA Awardees FH USU;

Pekan Ilmiah Webinar Refleksi Hukum Series-4: “Undang-Undang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Perspektif Pendidikan Tinggi”

HUMAS FH-USU: Kamis (20/01/2022), Panitia Dies Natalis Fakultas Hukum USU yang diketuai oleh Hasrul Benny Harahap, SH.,M.Hum kembali mengadakan Webinar Refleksi Hukum dalam rangka Dies Natalis Ke-68 Fakultas Hukum USU. Pada Pekan Ilmiah Webinar Refleksi Hukum series-4 kali ini mengambil tema “Undang-Undang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Perspektif Pendidikan Tinggi” dengan menghadirkan Ketua BANI Arbitration Center Jakarta, Dr. Anangga W. Roosdiono, SH.,MH., FCBArb. , Guru Besar Hukum Perdata Fakultas Hukum USU yang sekaligus Ketua Bani Medan, Prof.Dr. Tan Kamello, SH.,MS. , Ketua BANI Bandung, Dr. Jafar Sidik, SH., MH., M.Kn., FCBArb., FIIArb. , Wakil Ketua BANI Medan, Dr. Deni Purba, SH.,L.LLM.,MCIArb., Dipl.Arb. , Dosen Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Ir. Martono Anggusti, SH.,MM.,M.Hum. sebagai narasumber webinar. Webinar berlangsung dengan dipandu oleh Dr. Azwir Agus, SH.,M.Hum. yang bertindak selaku moderator.

series4a

Dalam kata sambutannya Dekan Fakultas Hukum USU, Dr. Mahmul Siregar, SH.,M.Hum mengatakan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase telah berlaku lebih kurang 23 tahun lamanya yang tentunya selama perjalanan bangsa ini menegakkan Undang-Undang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa banyak kritik yang kita dapatkan, banyak pengalaman-pengalaman yang menjadi pelajaran pada kita untuk kemudian bisa meninjau, memberikan masukan, melakukan pembaharuan, dan melakukan berbagai hal yang perlu disempurnakan agar Alternative Dispute Resolution dan Arbitrase yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 dapat lebih berdaya guna efektif dan memberi manfaat kepada dunia usaha dan masyarakat.

series4f

Terlebih lagi saat ini kita menghadapi era kita menghadapi era informasi yang sangat kuat, terjadinya disrupsi di berbagai bidang dan perkembangan bisnis yang sangat cepat, sehingga tentu kita harus melihat kembali, menyempurnakan, menelaah kemudian mempreskripsikan berbagai hal yang sangat penting berkenaan dengan Undang-undang Arbitrase yang sudah kita miliki, sambung Dekan dalam sambutannya. 

series4e

Dalam pemaparan materi webinarnya narasumber Dr. Anangga W. Roosdiono, SH.,MH., FCBArb. menyampaikan materi berjudul “Peran Pendidikan Tinggi Hukum dalam Dunia Arbitrase”, Prof.Dr. Tan Kamello, SH.,MS. memaparkan materi tentang “Hukum Arbitrase sebagai Ilmu Terapan dalam UU No. 12 Tahun 2012”, dan narasumber Dr. Jafar Sidik, SH., MH., M.Kn., FCBArb., FIIArb., menyajikan materi berjudul “Implementasi Mata Kuliah Arbitrase dalam Kurikulum Fakultas Hukum di Indonesia”, Dr. Deni Purba, SH.,L.LLM.,MCIArb., Dipl.Arb. menyajikan materi berjudul “Pendidikan Tinggi dan Hukum Arbitrase Komersial Internasional”, Dr. Ir. Martono Anggusti, SH.,MM.,M.Hum. memaparkan materi berjudul “Perspektif OutCome Based Education Perguruan Tinggi ats Hukum sebagai Ilmu Terapan”.

Agenda Kegiatan

No upcoming event!