• Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
    Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
  • ISMA Awardees FH USU;
    ISMA Awardees FH USU;

Pekan Ilmiah Webinar Refleksi Hukum Series-3: “Refleksi Penanganan Tindak Pidana Korupsi Tahun 2021 sebagai Gebrakan Penanganan Kasus Antara Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

HUMAS FH-USU: Rabu (19/01/2022), telah berlangsung lanjutan kegiatan Pekan Ilmiah dengan Webinar series-3 bertajuk “Refleksi Penanganan Tindak Pidana Korupsi Tahun 2021 sebagai Gebrakan Penanganan Kasus Antara Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi”. Sebagaimana kegiatan webinar terdahulu dalam pekan ilmiah yang dilaksanakan oleh Panitia Dies Natalis Fakultas Hukum USU yang diketuai oleh Hasrul Benny Harahap, SH.,M.Hum, maka kegiatan Pekan Ilmiah Series Refleksi Hukum ini diselenggarakan adalah dalam rangka Dies Natalis Ke-68 Fakultas Hukum USU.

2

Dalam webinar series-3 yang juga dilaksanakan melalui zoom meeting, kali ini mengahadirkan Dosen Hukum Pidana Universitas Bina Nusantara, Dr. Ahmad Sofyan, SH.,MA, Peneliti Indonesia Corruption Watch, Kurnia Ramadhana, SH, dan Juru Bicara KPK 2016 – 2019, Febri Diansyah, SH, serta Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum USU, Dr. Mahmud Mulyadi, SH.,M.Hum. sebagai narasumber webinar. Webinar berlangsung dengan dipandu oleh Hanifah Azizah, SH.,MH. yang bertindak selaku moderator.

3

Dekan Fakultas Hukum USU, Dr. Mahmul Siregar, SH.,M.Hum dalam kata sambutannya menyampaikan salam dari Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si. yang pada hari pertama pekan ilmiah telah berkesempatan membuka acara dan selanjutnya menyerahkan kepada Dekan Fakultas Hukum USU untuk menyambut para narasumber dan peserta dalam seluruh rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Webinar series Refleksi Hukum dalam rangka Dies Natalis Ke-68 Fakultas Hukum USU.

webinar3d

 Dekan Fakultas Hukum mengatakan korupsi menyebabkan country risk yang sangat tinggi, buruknya layanan publik, biaya menjadi tinggi, sarana dan prasarana tidak memadai kualitas dan kuantitasnya, dan berbagai ekses negatif lainnya yang menimbulkan reputasi tidak baik sehingga upaya memulihkan ekonomi sulit untuk dilakukan. Namun demikian Indonesia adalah negara hukum tentunya dalam penanganan tindak pidana korupsi harus tetap mengacu pada aturan-aturan hukum dan penghormatan pada hak asasi manusia.

6

Oleh karena itu pada kesempatan webinar kali ini kita akan mendengar dan belajar dari para narasumber yang sudah terpelajar dalam hal ini. Kita berharap bahwa ide, gagasan, konsep, dan pemikiran yang hari ini kita diskusikan dan perdebatkan baik dari para pembicara maupun dari peserta bisa menghasilkan impact yang baik sehingga hasil rekomendasi, kesimpulan bisa disampaikan kepada para pemangku kepentingan.

webinar3g

Dalam pemaparan materi webinarnya narasumber Dr. Ahmad Sofyan, SH.,MA menyampaikan materi berjudul “Penerapan Ajaran Kausalitas dalam Tindak Pidana Korupsi”, Kurnia Ramadhana, SH memaparkan materi tentang “Menyoalkan Komitmen Anti Korupsi Indonesia: Antara Harapan dan Pencapaian”, dan narasumber Febri Diansyah, SH, menyajikan materi berjudul “Refleksi Pemberantasan Korupsi 2021”, serta Dr. Mahmud Mulyadi, SH.,M.Hum menyajikan materi berjudul “Memahami Tindak Pidana Korupsi: Perspektif Kesejarahan”. (Laks/dmk)

Agenda Kegiatan

No upcoming event!