• Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
    Dekanat dan Civitas Akademika Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H Minal aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin
  • ISMA Awardees FH USU;
    ISMA Awardees FH USU;

Pekan Ilmiah Webinar Refleksi Hukum series-2: “Peran Kemenkumham RI dalam Rangka Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Jabatan Notaris Sejalan Asas Equality Before The Law”

HUMAS FH-USU: Selasa (18/01/2022), Kegiatan Pekan ilmiah dalam rangka Dies Natalis yang ke-68, Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (Fakultas Hukum USU) kembali menggelar Webinar Refleksi Hukum Series-2 dengan tema “Peran KEMENKUMHAM RI Dalam Rangka Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Jabatan Notaris Sejalan Asas Equality Before The Law”. Webinar melalui zoom meeting kali ini menghadirkan Ketua Program Studi Magister Kenotariatan, Prof.Dr. Hasim Purba, SH.,M.Hum dan Direktur Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum KEMENKUMHAM RI, Santun Maspari Siregar, SH.,M.H. serta Notaris sekaligus Staf Pengajar Fakultas Hukum USU,Dr. Suprayitno, SH.,M.Kn sebagai narasumber, dengan dimoderatori Sekretaris Program Studi Magister Kenotariatan, Prof. Dr. Rosnidar Sembiring, SH.,M.Hum. Webinar ini diikuti oleh peserta dari berbagai unsur mulai dari Notaris, Mahasiswa magister kenotariatan, para Akademisi berasal dari USU dan dari universitas lainnya, serta para pemangku kepentingan lainnya.

webinar2a

10

Dekan Fakultas Hukum USU, Dr. Mahmul Siregar, SH.,M.Hum dalam sambutannya mengatakan kegiatan hari ini adalah kegiatan hari kedua dalam pekan ilmiah yang dilaksanakan oleh Panitia Dies Natalis dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum USU yang ke-68. Pada kesempatan acara hari ini kita akan membicarakan topik yang juga sangat penting yaitu tentang pembinaan dan pengawasan terhadap notaris. Jabatan notaris adalah salah satu jabatan yang diatur dalam Undang-Undang, merupakan jabatan yang berkaitan langsung dengan masyarakat karena masyarakat adalah pengguna layanan dari notaris. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu dibicarakan dalam webinar ini yaitu bagaimana pembinaan dan pengawasan terhadap notaris sehingga masyarakat tidak dirugikan dan notaris itu sendiri terlindungi. Semoga acara ini memberikan manfaat kepada kita semua, kepada masyarakat umum, kepada USU khususnya Fakultas Hukum USU serta kepada bangsa dan negara Indonesia, sambung Dekan Fakultas Hukum USU menutup sambutannya.

 

5 

webinar2b
webinar2d 9

Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, SH., MA. Dalam sambutannya menyampaikan atas nama Rektor USU, kami mengapresiasi kegiatan ini diskusi terkait dengan positioning notaris dalam kaitannya dengan kewenangan KEMENKUMHAM RI dalam konteks pembinaan dan pengawasan notaris di Indonesia. Profesi notaris adalah jabatan yang memiliki tempat tersendiri di masyarakat sebagai pejabat umum, notaris dituntut untuk cepat adaptif terhadap perkembangan terkini. Semoga kegiatan kedua dalam pekan ilmiah ini dapat membuka cakrawala dan mendorong semua orang yang akan masuk dalam profesi notaris ini memiliki kesadaran bahwa notaris tidak bisa melakukan sesuatu dengan sebebas-bebasnya dan kita juga berharap bahwa KEMENKUMHAM RI bisa komit dalam menjalankan aturan yang ada dan berani mengambil sikap terhadap semua rekomendasi yang diberikan oleh Majelis Pengawas Notaris, demikian Wakil Rektor I USU menutup sambutannya.(laks/dmk)

Agenda Kegiatan

No upcoming event!