• MoA FH USU dengan AKPI
    MoA FH USU dengan AKPI
  • Wisudawan/Wisudawati (Program Studi S1 Ilmu Hukum) Fakultas Hukum USU, Periode I Tahun 2021/2022
    Wisudawan/Wisudawati (Program Studi S1 Ilmu Hukum) Fakultas Hukum USU, Periode I Tahun 2021/2022
  • Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara 19 Dekan FH PTN Wilayah Barat dalam Pertemuan Badan Kerjasama (BKS) Fakultas Hukum PTN Wilayah Barat di Universitas Syiah Kuala, 29 Nopember 2022
    Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara 19 Dekan FH PTN Wilayah Barat dalam Pertemuan Badan Kerjasama (BKS) Fakultas Hukum PTN Wilayah Barat di Universitas Syiah Kuala, 29 Nopember 2022

Webinar Nasional Klinik Hukum “Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Anti Korupsi Untuk Mewujudkan Indonesia Tanpa Korupsi”

Humas-FHUSU, Jumat, 19 November  2021 Klinik Hukum Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) mengadakan kegiatan Webinar Nasional “MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA INDONESIA ANTI KORUPSI UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA TANPA KORUPSI” Kegiatan Webinar ini dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Hukum USU, Ibu Dr. Agusmidah.,SH.,M.Hum, dalam  sambutannya Beliau mengatakan bahwa tema yang diangkat dalam webinar ini sangat idealis tetapi bukan tidak mungkin nantinya dapat terjadi, dan Beliau juga berpendapat bahwa  pendidikan anti korupsi sangat penting untuk dilaksanakan terutama bagi kaum muda seperti mahasiswa saat ini.

WhatsApp Image 2021 11 22 at 03.06.001

WhatsApp Image 2021 11 22 at 03.06.002

Webinar ini ini dibawakan langsung oleh  Rosihan Juhriah Rangkuti SH MH yaitu Alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara angkatan 1988 dan bekerja sebagai Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam. Pada kesempatan ini Beliau menjelaskan bagaimana sejarah pengaturan tindak pidana korupsi di Indonesia, 30 perbuatan yang masuk kategori sebagai delik korupsi berdasarkan undang-undang, bagaimana pengaturan hukum pemidanaan pasca dikeluarkannya PERMA 1/2020, Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan  Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Peran Kaum Milenial Dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Dalam pemaparannya, Beliau juga menjelaskan bahwa generasi muda berperan sebagai Agent of Change dalam Pencegahan Korupsi. Kesadaran hukum generasi muda tentang pentingnya pencegahan korupsi dan pentingnya mengembangkan perilaku anti koruptif. Kaum milenial bukan sebagai objek melainkan sebagai subjek dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

WhatsApp Image 2021 11 22 at 03.05.581

Kegiatan Webinar ini juga dibawakan oleh Ibu Linda Wahyu Marpaung, beliau merupakan seorang Pegiat Anti Korupsi dari Sentra Advokasi untuk Hak Dasar Rakyat (SAHdaR), Dalam  kesempatan ini beliau memaparkan materi pengenalan mengenai korupsi berdasarkan beberapa literasi, jenis-jenis dari tindakan korupsi,mengapa kita perlu belajar anti korupsi dimana hal tersebut bertujuan untuk membangun kepribadian, menguatkan kepekaan, dan mencegah korupsi. Beliau juga menjelaskan berbagai prinsip anti korupsi dan mengatakan bahwa ada banyak faktor yang menjadi penyebab korupsi dimana sebenarnya semua faktor tersebut berpusat pada satu hal yakni toleransi terhadap korupsi dalam banyak hal, koruptor adalah orang yang tidak puas akan keadaan dirinya. Ketika Korupsi terjadi, dampaknya menjalar hampir ke seluruh sendi kehidupan baik yang terpapar langsung atau tidak, korupsi memiliki efek yang merajalela ke seluruh aspek sebuah negara.

WhatsApp Image 2021 11 22 at 03.05.59

Kegiatan Webinar ini ditutup dengan closing statement dari Kedua Narasumber.  Ibu Rosihan Juriah Rangkuti.,SH.,MH dan Ibu Linda Wahyu Marpaung. Dalam  yang closing statement  kedua narasumber menekankan bagaimana pentingnya pendidikan anti korupsi sejak dini agar dapat menjadi bekal karakter lahirnya generasi anti korupsi. Webinar ini dipandu oleh Subhana Kurniawan Tarigan yang merupakan anggota Klinik Hukum Anti Korupsi FH USU, dimoderatori oleh Hosea P Octravy Sembiring yang juga merupakan anggota Klinik Hukum Anti Korupsi FH USU. Acara ini dibuka pukul 09.00 WIB dan diikuti peserta sebanyak  121 orang melalui media zoom. Hingga berakhirnya acara pada Pukul 11.20 WIB diskusi tetap berlangsung tertip dan lancar.(Laks/Sad)

Agenda Kegiatan

No upcoming event!