• Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum USU Periode 2021-2026
    Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum USU Periode 2021-2026
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG

Kuliah Umum “Alih Status Pegawai KPK dari Sudut Pandang Hukum Administrasi Negara”

Humas FH USU: Kamis, 3 Juni 2021 Departemen Hukum Administrasi Negara (HAN) bersama dengan Ikatan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (IMAHARA) Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) melaksanakan kegiatan Kuliah Umum yang bertajuk “ALIH STATUS PEGAWAI KPK DARI SUDUT PANDANG HUKUM ADMINISTRASI NEGARA” Kuliah ini sifatnya terbuka untuk umum, dan dibuka oleh Wakil Dekan I sekaligus Ketua Departemen HAN FH USU Dr. Agusmidah SH, M.Hum, dalam kata sambutan Dr. Agusmidah menjelaskan bahwa pentingnya semangat mengkritisi kesimpangsiuran mengenai polemik yang sedang terjadi di negara ini. Dr. Agusmidah dalam sambutannya juga mengajak para Akademis agar semakin giat memunculkan pemikirannya baik dalam bidang dunia akademik, ilmiah, dan sosial lainnya. Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, SH.M.LI selaku Guru Besar Fakultas Hukum USU juga memberikan pemantik diskusi berupa pertanyaan mengenai landasan hukum yang dipakai KPK saat ini, dan juga bagaimana penegakan Rule of Law ditengah berbagai opini, tekanan dan mengharapkan adanya kepastian hukum status pegawai KPK saat ini.

IMG 20210604 WA0003

Kuliah umum ini dibawakan oleh Beni Kurnia Illahi,S.H.,M.Hum yaitu Dosen Fakultas Hukum Universitas Bengkulu dan Peneliti PUSaKO Fakultas Hukum Universitas Andalas. Dalam hal ini beliau menyampaikan penelitiannya mengenai Upaya Pelemahan KPK yang Sistematis sebagaimana dimulai dengan terbitnya UU No. 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) , beliau juga beranggapan bahwa TWK bukanlah dasar untuk Pengalihstatusan Pegawai KPK. Beliau berharap adanya kebijakan dari Presiden untuk mengambil alih mengenai pangalihstatusan Pegawai KPK menjadi ASN, Presiden juga harusnya bertanggungjawab memulihkan Hak Pegawai KPK yang diberhentikan dan menghukum pejabat pemerintahan yang tidak taat akan aturan dan seruan presiden.

IMG 20210604 WA0002

Prof. Dr.Ningrum Natasya Sirait, SH.M.LI yang mana dalam closing statementnya mengajak komunitas, masyarakat dan ataupun dari akademisi bahwa ketika dalam menganalisis sesuatu itu hindari dengan kacamata emosi ataupun hanya sebatas asumsi, namun dengan melihat dan mempelajari fakta sebenarnya. Dan menghimbau agar tetap semangat dalam mendukung dan mengawal pemberantasan korupsi.

IMG 20210604 WA0005

Kuliah Umum ini dimoderatori oleh Monika Aprillia Simanjuntak yang merupakan anggota IMAHARA FH USU. Acara ini diikuti peserta kurang lebih 90 orang melalui media zoom dan sebagian mengikuti kuliah umum dari Channel Youtube IMAHARA FH USU yang disiaran secara streaming. Dalam akhir kuliah umum ini yakni berupa ajakan kepada para pihak, baik itu akademisi maupun praktisi agar tetap peka terhadap apa yang terjadi di negeri ini, karena sudah seharusnya kita bersinergi untuk tetap mengawal kebijakan secara khusus dalam upaya negara ini mengupas korupsi.

 

 

 

 

 

 

 

Agenda Kegiatan

No upcoming event!