• sertifikat Akreditasi A
    sertifikat Akreditasi A
  • Dekanat Fakultas Hukum
    Dekanat Fakultas Hukum
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Gedung Fakultas Hukum USU
    Gedung Fakultas Hukum USU
  • Letter of Intent
    Letter of Intent

    Letter of Intent. Eramus School of Law Erasmus School of Law Erasmus University Rotterdam the Netherland (Prof. Dr. Fabian Amtenbrink) and Faculty of Law Universitas Sumatera Utara  (Prof.Dr. Budiman Ginting, SH.,M.Hum) Rotterdam, the Netherlands, 15 May 2018

WORKSHOP HUKUM KETENAGAKERJAAN BAGI DOSEN "Pengupahan, Perlindungan Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial"

HUMAS FH-USU: Perkumpulan Pengajar dan Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Indonesia (P3HKI) bekerja sama dengan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) menyelenggarakan Workshop Hukum Ketenagakerjaan Bagi Dosen. Workshop ini  diselenggarakan pada tanggal 3 April 2021 yang mengangkat judul “Pengupahan, Perlindungan Tenaga Kerja, dan Jaminan Sosial”. 

WhatsApp Image 2021 04 03 at 08.23.43 “Perlu keselarasan antara cita-cita luhur negara yang  dimuat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan regulasi dan implementasi UU 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial serta berbagai peraturan pelaksanaannya. Kelemahan regulasi tersebut telah berdampak tidak hanya disharmoni peraturan perundang-undangan secara vertikal dan horizontal, namun juga inkonsistensi kebijakan pemerintah di bidang jaminan sosial, sehingga menimbulkan maturitas kelembagaan SJSN.” sebut Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Prof. Budiman Ginting, S.H., M.Hum. Hal ini disampaikan beliau sebagai  keynote speaker dalam Workshop Hukum Ketenagakerjaan Bagi Dosen Sesi 2. Beliau juga menjelaskan bahwa Indonesia masih berada dalam model negara kesejahteraan sistem minimal, dikarenakan Negara Indonesia sendiri belum mencakup jaminan yang terdapat dalam ILO Social Security No. 102 yang terdiri antara lain sickness nebefit, invalid benefit, dan maternity benefit. Pemaparan materi juga dijelaskan dua dosen yang sudah ahli dalam bidang ketenagakerjaan yakni Dr. Yetniwati, S.H., M.Hum selaku dosen hukum Universitas Jambi, serta Dr. Umar Kasim, S.H., M.H., M.Kn. selaku mantan Kabag Penelaahan Hukum dan Konvensi Internasional Kemnaker RI dan Dosen STHMI Jakarta. Dan Juga oleh Ahmad Ansyori, S.H., M.Hum, CLA selaku Dewan Jaminan Sosial Nasional Periode 2014-2019.  Workshop Hukum Ketenagakerjaan Bagi Dosen ini dimoderatori oleh Saprudin, S.H, LL.M Selaku dosen Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kegiatan ini dibuka oleh yaitu Dosen UPH Jakarta yaitu Dr. Gwendolyn Ingrid Utama, S.H., M.H. selaku Master of Ceremony. Workshop dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh peserta sebanyak 65 orang yang terdiri dari dosen dan praktisi hukum ketenagakerjaan. melalui video conference Zoom. Pada workshop sesi 2 ini, Prof. Budiman Ginting, S.H., M.Hum membahas mengenai bagaimana implikasi Undang-Undang 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja terhadap  pengupahan, perlindungan tenaga kerja, dan jaminan sosial di Indonesia. Peran UU Cipta Kerja dalam merubah ketentuan-ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Perubahan ini bukan saja merubah, menghapus, atau mengganti ketentuan-ketentuan yang ada dalam UU Ketenagakerjaan, namun juga memunculkan dimensi baru Hukum Ketenagakerjaan.

Screenshot 510 Screenshot 524

Prof. Budiman Ginting, S.H., M.Hum juga menyampaikan bahwa Indonesia harus mereformasi sistem jaminan sosialnya, mulai dari politik hukum (kepesertaan masih segmentatif berdasarkan profesi), regulasi program yang lebih luas meliputi unemployment benefit (mengarah pada international standard social security), reformulasi manfaat, iuran, kelembagaan, pengawasan, government actuaris, dan menguatkan penegakan kepatuhan peserta dalam bentuk insentif  yang jelas dan pasti.

Agenda Kegiatan

No upcoming event!