Program Studi Magister Ilmu Hukum

Sejarah

Universitas Sumatera Utara telah melaksanakan Program Pascasarjana sejak tahun 1985. Program Studi Ilmu Hukum di buka pertama sekali pada tanggal 13 Agustus 1987 dalam bentu KPK S2 UGM-USU dengan hanya satu konsentrasi bidang ilmu yakni Ilmu Hukum Keperdataan. Program studi dikelola secara mandiri oleh USU pada tanggal 17 November 1992 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Djenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 509/DIKTI/KEP/1992. Sejalan dengan perkembangan ekonomi di era globalisasi dan tuntutan masyarakat, Program Studi Magister Ilmu Hukum mengembangkan diri dengan dengan membuka konsentrasi Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Islam dan Kelas Kekhususan Hukum ekonomi

Quotes

Prof.Dr.Saidin, SH.,M.Hum

Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum
Quotes

Dr. Mahmud Mulyadi, SH.,M.Hum

Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum

Visi dan Misi

Visi:
"Menjadi Pusat Pembelajaran Ilmu Hukum Pada Tingkat Magister, Pusat Pengkajian dan Informasi Hukum yang Terkemuka Secara Nasional dengan lulusan yang berkualitas, bermoral, professional, dan memiliki keunggulan kompetitif baik di tingkat nasional maupun internasional"

Misi
"Menjadi Pusat Pembelajaran Ilmu Hukum Pada Tingkat Magister, Pusat Pengkajian dan Informasi Hukum yang Terkemuka Secara Nasional dengan lulusan yang berkualitas, bermoral, professional, dan memiliki keunggulan kompetitif baik di tingkat nasional maupun internasional"

Profil Lulusan


Profil Lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum FH USU yang dihasilkan dalam pembahasan perubahan kurikulum ini adalah Peneliti dan Konsultan.
Profil lulusan sebagai Peneliti adalah seseorang yang melakukan penelitian hukum baik secara interdisiplin maupun multidisiplin dengan berbagi pendekatan untuk menyelesaikan masalah masalah faktual di bidang hukum maupun untuk mengembangkan ilmu hukum yang menghasilkan peneitian yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pembuatan dan penegakan hukum nasional. sedangkan profil lulusan sebagai Konsultan diharapkan lulusan MIH tampil sebagai lulusan yang profesional dan beretika dalam memberikan konsultasi hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. lulusan mempunyai kemampuan analisis yang komprehensif, objektif, akurat dengan dukungan kemampuan berpikir seara ilmiah dan metodologi sehingga menghasilkan pendapat-pendapat hukum yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan dan profesi

Capaian Pembelajaran Lulusan


Kurikulum Magister Ilmu Hukum telah mangacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kompetensi utama dari Prodi Magister Ilmu Hukum telah tercermin didalam semua elemen KKNI yang mencakup pada capaian pembelajaran sesuai Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 yaitu: sikap: penguasaan pengetahuan: keterampilan umum dan keterampilan khusus. Capaian Pembelajaran lulusan (Penelitian dan Konsultan) meliputi Sikap, Keterampialn Umum, Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan yang meliputi: (a) Program reguler dan Paralel Konsentrasi Hukum Perdata, Hukum Bisnis, hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum administrasi Negara, dan Hukum Islam; (b) Program Kelas Khusus Hukum ekonomi. Target Capaian Pembelajaran tersebut diharapkan mampu untuk membekali setiap mahasiswa Magister Ilmu Hukum untuk dapat menjadi Peneliti dan Konsultan Hukum yang mampu bersaing baik nasional, maupun internasional.