Tata Cara Heregistrasi Online KRS Semester Genap Tahun Akademik 2011/2012

Berdasarkan Surat Rektor USU yang ditandatangani oleh Pembantu Rektor I USU Nomor : 91/UN5.1.R1/SPB/2012 tanggal 04 Januari 2012 tentang Pemberitahuan jadwal pelaksanaan heregistrasi online. Berikut kami sampaikan Tata cara Heregistrasi Online KRS semester Genap Tahun Akademik 2011/2012 bagi mahasiswa Program Sarjana (S-1) dan Ekstensi, Diploma 4 (D-4), serta Diploma 3 (D-3). (Alur Heregistrasi)

  1. Status mahasiswa tidak termasuk dalam proses evaluasi semester ganjil TA 2011/2012, tidak Drop Out (DO) atau tidak sedang skorsing.
  2. Mahasiswa yang Penundaan Kegiatan Akademik (PKA) pada semester sebelumnya diharuskan membuat permohonan Aktif Kuliah Kembali (AKK) dan harus ada izin AKK dari Rektor USU dan wajib melunasi SPP sesuai dengan jadwal pembayaran SPP semester genap TA 2011/2012.
  3. Menyetorkan SPP secara tunai di teller Bank BNI/Mandiri/Sumut/BTN atau melalui online payment semester genap TA 2011/2012 pada tanggal 02 s.d 20 Januari 2012.
  4. Melakukan heregistrasi semester genap TA 2011/2012 (pengisian KRS secara online) melalui portal akademik USU dengan alamat htpps://portal.usu.ac.id mulai tanggal 06 s.d 11 Pebruari 2012 di Pusat Sistem Informasi (PSI)/Fakultas/Departemen/Program Studi di lingkungan USU.
  5. Mahasiswa yang menyusun rencana studi dan mengisi KRS secara online berdasarkan Indeks Prestasi (IP), minat dan disesuaikan dengan jadwal kuliah yang diterbitkan Fakultas.
  6. Selesai heregistrasi online, mahasisa mencetak KRS sementara hasil dari heregistrasi online.
  7. Mahasiswa menemui Dosen PA (Penasehat Akademik)untuk bimbingan dan minta persetujuan KRS dengan membawa:Fakultas/Depatemen/Program Studi memproses validasi KRS mahasiwa dan mencetak KRS (kertas watermark) untuk ditandatangani Ketua Departemen/Pembantu Dekan I.Fakultas/Depatemen/Program Studi memproses validasi KRS mahasiwa dan mencetak KRS (kertas watermark) untuk ditandatangani Ketua Departemen/Pembantu Dekan I
    1. KRS sementara hasil dari heregistrasi.
    2. Kartu Hasil Studi (KHS) semester ganjil TA 2011/2012
    3. Kartu Hasil Studi (KHS) terkhir bagi mahasiswa yang PKA dan Surat Izin AKK
    4. Surat Kuasa dan KTM (bagi mahasiswa yang berhalangan dan diwakilkan kepada mahasiswa lain).
  8. Fakultas/Depatemen/Program Studi memproses validasi KRS mahasiwa dan mencetak KRS (kertas watermark) untuk ditandatangani Ketua Departemen/Pembantu Dekan I.
  9. Mahasiswa yang berhalangan dalam heregistrasi online KRS dapat diwakilkan kepada mahasiswa lain yang ditunjuk, dengan membuat Surat Kuasa dan ditempel materai Rp. 6000 yang disetujui oleh Dosen PA dan diketahui Pembantu Dekan I Fakultas. (Format Surat Kuasa)
  10. Heregistrasi akademik selesai.
  11. Mahasiswa yang tidak melakukan heregistrasi online tidak akan diproses heregistrasi akademiknya.
  12. Mahasiswa yang tidak melaksanakan Heregistrasi Secara Online dan Heregistrasi Akademik dinyatakan tidak terdaftar dan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester berjalan dan masa studi tetap diperhitungkan.
  13. Mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi online dan registrasi akademik selama 2 (dua) semester berturut-turut, dinyatakan mengudurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Sumatera Utara.