KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI MEMBERIKAN KULIAH UMUM DI FAKULTAS HUKUM USU

Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI), Prof.Dr.Arief Hidayat,SH.,M.S memberikan kuliah umum di Fakultus Hukum Universitas Sumatera Utara (FH-USU), Jum’at, 21 Oktober 2016 bertempat di gedung peradilan semu Fakultas Hukum USU.

IMG 3564

Ketua MK-RI memberikan kuliah umum dengan materi bertema “Mahkamah Konstitusi dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia”. Dalam pemaparan materinya Ketua MK-RI menegaskan bahwa hukum yang didasari oleh Konstitusi dan Pancasila harus senantiasa dikembangkan, dalam mengembangkan hukum harus didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan.Para Hakim Konstitusi dalam mengadili dan memutus perkara senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai Ketuhanan. Berkenaan dengan putusan-putusan MK yang bersifat final dan mengikat, Ketua MK-RI menjelaskan bahwa MK tidak memiliki lembaga eksekutor untuk menjalankan putusan, oleh karena itu kesadaran seluruh masyarakat untuk mentaati putusan-putusan MK tersebut adalah sangat penting. Ketua MK-Ri juga mengajak kaum intelektual, khususnya akademisi dan mahasiswa untuk senantiasa memiliki dasar sinar Ketuhanan dalam berbangsa dan bernegara.

image0014

Kegiatan kuliah umum ini turut dihadiri oleh Rektor USU, Prof.Dr.Runtung, SH.,M.Hum. , Dekan Fakultas Hukum USU, Prof.Dr. Budiman Ginting,SH.,M.Hum. , Hakim Konstitusi, Dr. Manahan, Sekretaris Jenderal MK-RI, Prof.Dr. M. Guntur Hamzah, SH.,MH. , Panitera MK-RI, Kasianur Sidahuruk, SH.,MH.