Kunjungan Pejabat SSDM Polri Bersama Pejabat SDM POLDASU

Medan-USU: Pejabat Mabes Polri melalui Asisten Sumber daya Manusia (SSDM), Karojianstra SSDM Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Sabar Rahardjo beserta jajarannya melakukan kunjungan ke USU pada Selasa, (18/11), di Ruang Senat Akademik lantai III gedung BPA USU. Kunjungan pejabat Mabes Polri yang ini juga didampingi Karo SDM Polda Sumut Kombes Drs. Tabana Bangun diterima langsung oleh Wakil Rektor IV USU serta Dekan Fakultas Hukum USU Prof. Dr. Runtung, S.H., M.Hum.  Kunjungan dimaksud untuk menindaklanjuti MoU antara USU dengan Mabes Polri dalam hal kerjasama akademik  dan penelitian.

Wakil Rektor IV USU Prof. Ningrum Natasya Sirait yang mewakili Rektor USU dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Mabes Polri untuk melanjutkan kerjasama tersebut. Beliau menyebutkan bahwa kerjasama ini sangat baik bagi kedua institusi guna meningkatkan kemampuan dan keahlian SDM  dalam bidang penyidikkan dan sebagai Saksi Ahli. Prof. Ningrum juga menambahkan perlunya sosialisasi lanjutan Polri akan pentingnya kepedulian dan ketaatan berlalu lintas serta penyuluhan tentang narkoba kepada para mahasiswa khususnya di USU. Harapan beliau kerjasama ini terus berkelanjutan dan ditingkatkan mutunya terutama bagi para mahasiswa Polri yang mengikuti kuliah agar diberi perhatian dan dukungan dari instansi Polri sendiri apalagi beberapa mahasiswa itu berasal dari daerah kedinasan yang jauh.

Brigjen Pol. Drs. Sabar Rahardjo selaku Karojianstra SSDM Mabes Polri dalam sambutannya mewakili Irjen Pol Drs Haka Astana MW, SH, mengatakan bahwa kesepakatan ini adalah payung hukum untuk meningkatkan dan menjalin kerjasama kelembagaan antara kedua belah pihak untuk mewujudkan sinergitas antara Polri dan Perguruan Tinggi. Dan kerjasama yang dilakukan antara lain meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan, tenaga pengajar, tenaga ahli dan sosialisasi. Kerjasama itu juga dilakukan dengan beberapa Perguruan Tinggi lain yakni UI, UNJ Jakarta, UNSRI, UNAND, UNPAD, ITB, UPI Bandung, UNDIP, UGM, UNIBRAW Malang, UNAIR, ITS, UNUD Denpasar, UNHAS, UNSRAT Manado, UNMUL Kaltim dan juga dengan lembaga/instansi pemerintah seperti LAN, BKN, STPI, BPKP, PT Merpati Nusantara Air Lines, dll.

Ditambahkannya, bahwa dasar dilakukannya kegiatan tersebut adalah UU No.2 Thn 2002 yaitu memelihara Kamtibmas, penegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Untuk membangun Polri  yang profesional, bermoral dan modern serta dipercaya masyarakat, diperlukan sinergitas positif antara seluruh komponen bangsa terutama Polri dengan Perguruan Tinggi dan pihak lainnya. Beliau berharap kesepakatan ini dapat menjadi komitmen bersama untuk menjunjung tinggi moralitas dan kompetensi institusi, lalu dapat membangun komunikasi yang positif baik berkenaan dengan ruang lingkup kesepakatan ini maupun berkenaan dengan kepentingan lain yang lebih luas, serta bagi para Kapolda dan pengemban fungsi SDM Polri lainnya agar segera menindaklanjuti kesepakatan bersama itu dengan langkah nyata dalam rangka terwujudnya postur Polri yang profesional, bermoral dan modern yang dipercaya masyarakat. Hingga saat ini jumlah mahasiswa dari Polri yang kuliah di USU adalah 37 orang, antara lain Program Magister Ilmu Hukum sebanyak 25 orang, Program Magister Kenotariatan sebanyak 1 orang, dan Program Doktor Ilmu Hukum sebanyak 11 orang. (Humas/FH)