Focus Group Discussion Tentang Kriminalisasi Perbuatan Dalam Beberapa RUU Bidang Keuangan Di Fakultas Hukum USU

Fakultas Hukum USU bekerja sama dengan Bank Indonesia melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Kriminalisasi Perbuatan Dalam Beberapa RUU Bidang Keuangan. Acara FGD ini diikuti oleh dosen-dosen dari FH USU dan peserta dari Bank Indonesia yang dilaksanakan pada Senin/23 Desember 2014 di Ruang DPF FH USU dan dibuka oleh Dekan FH USU Prof. Dr. Runtung, SH., MHum.

Untuk menghadapi perkembangan situasi terkini maka diperlukan penataan kembali berbagai regulasi dan penyesuaian kebijakan dibidang keuangan. Untuk itu saat ini tengah disusun beberapa RUU di bidang keuangan yang memiliki korelasi dengan tugas dan wewenang Bank Indonesia antara lain RUU Perbankan, RUU Lalu Lintas Devisa dan Sistem Nilai Tukar, serta RUU Perubahan Harga Rupiah (Redenominasi). Ketiga RUU ini telah masuk dalam prioritas Prolegnas tahun 2014.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya FGD ini adalah untuk memperoleh masukan dari bidang akademisi terkait dengan masalah kriminalisasi dalam beberapa RUU di bidang keuangan tersebut.

Sebagai nara sumber tunggal dalam FGD ini Dr. Mahmud Mulyadi, SH., MHum., salah seorang dosen dari Departemen Hukum Pidana FH USU, dan sebagai moderator adalah Yusrin, SH., MHum. Af/ Nn