FAKULTAS HUKUM USU GELAR DISKUSI PANEL DALAM RANGKA FESTIVAL KONSTITUSI DAN ANTIKORUPSI 2018

Mahkamah Konstitusi (MK), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam penyelenggaraan Festival Konstitusi dan Antikorupsi ke-3, pada tanggal 14-15 Mei 2018.

 

Festival Konstitusi dan Antikorupsi ke-3 Tahun 2018 ini digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan, diawali dengan kegiatan diskusi panel yang penyelenggaraannya dipercayakan kepada Fakultas Hukum USU, pada hari Senin, 14 Mei 2018. Kegiatan diskusi panel secara paralel dibagi dalam 3 (tiga) tema sesuai kewenangan dan fungsi ketiga lembaga, yakni Diskusi Panel dengan tema “Pilkada Berintegritas” bertempat di ruang 8 FH USU, dengan menghadirkan pembicara Febri Diansyah, Dr. Marzuki Lubis, SH,M.Hum, Diskusi Panel dengan tema “Hak Imunitas Pejabat Publik” bertempat di gedung Peradilan Semu FH USU, dengan menghadirkan pembicara Marthin Hutabarat, SH,MH, Dr.Muryanto Amin, S.SOS,M.SI, Dr. Faisal Akbar Nasution, SH, MH, Diskusi Panel dengan tema “Penguatan Sistem Dalam Kekuasaan Kehakiman” bertempat di ruang 9 FH USU, dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Maria Farida Indriati, SH,MH, Trimedya Panjaitan, SH,MH, dan Abdul Rahman, SH,MH.

  

Puncak kegiatan Festival Konstitusi dan Antikorupsi ke-3 Tahun 2018 ini ditandai dengan kegiatan Talk Show dengan tema “Mengawal Demokrasi Konstitusi, Melawan Korupsi, pada hari Selasa, 15 Mei 2018, bertempat di gedung Auditorium USU. Talk Show yang dipandu oleh Metro TV ini dihadiri oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono yang mewakili Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Rektor USU Prof.Dr. Runtung, SH,M.Hum. Pada acara ini, keempat pimpinan juga menandatangani Deklarasi Anti Korupsi dihadapan para penyelenggara negara, aparat penegak hukum, civitas akademika, dan mahasiswa. BL/NS