Studi Banding Mahasiswa Hukum ekonomi (IMAHMI) Fakultas Hukum USU ke Singapura

Senin (13/11), Ikatan Mahasiswa Hukum Ekonomi (IMAHMI) Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan studi banding yang disebut dengan Law Tour. Negara tujuan Law Tour IMAHMI kali ini adalah Singapura. Studi banding ini diikuti 23 mahasiswa Departemen Hukum Ekonomi dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara: Prof.Dr.Budiman Ginting,SH.,M.Hum, adapun dosen yang turut mengikuti kegiatan ini adalah Dr. Mahmul Siregar, SH,MHum., Dr. Detania Sukarja, SH, L.L.M., Tri Murti Lubis, SH, MH., serta Ketua Departemen Hukum Ekonomi, Prof. Bismar Nasution, SH, M.H.
 
Supreme Court Singapore adalah tujuan pertama rombongan mahasiswa dari IMAHMI FH USU. Rombongan ini disambut secara hangat oleh Ms Diana yg merupakan salah satu pemandu profesional yg ditunjuk oleh Supreme Court (di Indonesia biasa dikenal sebagai Mahkamah Agung). Selanjutnya rombongan mengikuti sesi tur mengelilingi gedung Supreme Court  tersebut. Supreme court ini terdiri dari 25 ruang sidang, 39 chamber dan 2 ruang mediasi. Supreme Court ini juga didukung dengan teknologi yang membuat  pengadilan ini menjadi lebih efisien dan efektif dalam melayani permasalahan hukum yang terdaftar di dalamnya.  Pada kunjungan yang kedua (14/11) yaitu ke Fakultas Hukum National University of Singapore (NUS), rombongan mahasiswa IMAHMI terlihat sangat tertarik dikarenakan nama NUS dikenal baik sebagai peringkat ke 15 Universitas Terbaik di dunia.
Dalam kunjungan kali ini, rombongan yang terdiri dari mahasiswa dan dosen ini disambut langsung oleh dekan Fakultas Hukum NUS, Prof. Simon Chesterman. Setelah itu dilanjutkan sesi kuliah umum tentang perbandingan hukum kontrak di negara dengan sistem common law dan civil law oleh Prof. Gary F Bell. Beliau dalam kuliahnya menegaskan bahwa pentingnya bagi mahasiswa fakultas hukum untuk mempelajari sistem hukum common law agar siap menghadapi globalisasi yang menuntut kehandalan para penegak hukum dalam aspek materiil sistem hukum baik civil maupun common law.tri/sd/nin