Workshop Internasionalisasi Jurnal Fakultas Hukum USU, Dalam Rangka Dies Natalis Ke - 63

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ke - 63, Fakultas Hukum USU mengadakan Workshop Internasionalisasi Jurnal. Workshop yang diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 13 s.d. 14 Januari 2017 ini melahirkan sebuah jurnal baru yang bernama "USU Journal of Legal Studies", berbasis Open Journal System (OJS) yang dapat diakses melalui web http://jurnal.usu.ac.id/index.php/UJLS.

IMG 3877

Pembicara yang diundang pada workshop ini adalah Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H yang juga seorang Editor in Chief Jurnal Hasanuddin Law Review, Universitas Hasanuddin serta juga Review dan Asesor Jurnal Berkala Ilmiah, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pembicara lain yang diundang adalah Ahsan Yunus, SH.,M.H yang juga Managing Editor Jurnal Hasanuddin Law Review, Universitas Hasanuddin. Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas Hukum USU, Prof. Dr. Budiman Ginting,S.H.,M.Hum menyambut baik lahirnya jurnal baru ini, yang nantinya diharapkan dapat berlaga di dunia internasional. Prof. Dr. Irwansyah, S.H.,M.H dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Jurnal berbasis OJS sangat bermanfaat bagi Dosen dan Mahasiswa, disamping juga meningkatkan kredibilitas sebuah Fakultas.

Sebagai pembimbing, Prof. Irwansyah mengatakan jurnal ini nantinya harus bisa mendapat index di sebuah lembaga index yang terkenal yakni Scopus, dan ini perlu kerjasama dan semangat menulis dari seluruh tim jurnal, dosen dan mahasiswa. Jurnal elektronik (e-journal) berbasis OJS ini diharapkan juga bisa bermanfaat bagi pembacanya siapapun itu, tidak hanya untuk Fakultas Hukum USU semata, bahkan untuk dunia. Untuk itu e-journal memiliki sistem blind reviewer, yang artinya bahwa si penulis tidak tahu siapa yang akan mengakses artikelnya dan mengeditnya, serta melakukan pengeditan langsung melalui web e-journal tersebut. E-journal berbasis OJS juga memiliki sistem secara online yang dapat melacak suatu artikel tersebut adalah milik orang lain atau tidak (plagiat) sehingga tercipta suatu artikel yang bersih dan transparan.

 E-Journal Fakultas Hukum ini, direncakan akan terbit 2 kali dalam setahun yakni bulan Maret dan Oktober. Dan launcing perdana akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2017.