Seminar, FGD, workshop, sosialisasi, dan lain-lain

Program Studi telah melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah yang melibatkan mahasiswa dan atau dosen sebagai panitia dan peserta kegiatan. Kegiatan ilmiah tersebut juga melibat berbagai pihak dari stake holder terkait. Adapun beberapakegiatan ilmiah yang pernah dilaksanakan antara lain :

  • Seminar Internasional dengan tema “Internationalizing Business Movement In The Globalization Of Markets and Economics From The Perspective Of The Indonesian Business Law” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) pada tanggal 23 April 2018.
  • Seminar dengan judul “Pemanfaatan Kerjasama ASEAN Bagi Pembangunan Berkelanjutan Di SUMUT” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Ditjen Kerja Sama ASEAN Kemenlu RI dan Pusat Studi ASEAN USU pada tanggal 3 Oktober 2018.
  • “Sosialisasi Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan” yang dilaksanakan bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 24 Oktober 2018.
  • Diskusi Panel dalam rangka Festival Konstitusi dan Antikorupsi ke-3 yang dilaksanakan bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi (MK), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 14-15 Mei 2018.
  • Di samping itu juga telah dilaksanakan berbagai FGD dengan para stake holder terkait seperti lembaga pemerintahan, KPPU dan lain-lain.

Kuliah umum

Program Studi menyelenggarakan kuliah umum terkait dengan materi ilmu hukum yang mutakhir. Umumnya kuliah umum dilakukan dengan mengundang narasumber dari kalangan akademik di luar USU atau kalangan professional.  Beberapa orang pakar yang pernah memberikan kuliah umum, antara lain :, Dr. H. Supandi, SH.,M.Hum (Hakim Agung RI), Sukma Violetta, SH, LLM (Wakil Ketua Komisi Yudisial RI), Professor Sally Wheeler OBE, MRIA, Dean of The Australian National University (ANU) College Of Law,

 

Penelitian bersama

Penelitian bersama yang pernah dilaksanakan adalah Penelitian “Legal Status of the Road Develoment Planet in the Tropical Rain Forest Heritage of Sumatera” yang dilaksanakan pada Tahun 2016 bekerja sama dengan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO)

 

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Merupakan masa orientasi yang diadakan untuk mahasiswa baru sebelum masa perkuliahan dan ditujukan untuk mengenalkan lebih dekat kepada mahasiswa baru tentang wawasan kebangsaan, kehidupan kampus, sistem perkuliahan, perkenalan dengan para dosen dan pimpinan Program Studi.