logo fh

Diskusi Publik Tentang Lembaga Kepresidenan Di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara

Dalam rangka dies natalis FH USU ke 59, FH USU bekerjasama dengan Kedeputi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Sekretariat Kabinet RI menyelenggarakan diskusi public tentang Lembaga Kepresidenan RI. Diskusi Publik ini diadakan pada Selasa 05 Maret 2013 di Gedung Peradilan Semu Fakultas Hukum USU.

Diskusi Publik ini dihadiri oleh Dekan FH USU Prof. Dr. Runtung, SH., MHum., para pembantu dekan, Deputi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Sekretaris Kabinet Bistok Simbolon, SH., MH, para dosen, mahasiswa dan peserta lainnya. Dalam sambutannya, Prof. Runtung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Kepresidenan RI atas kerjasama yang terjalin dan semoga diskusi publik ini dapat menambah wawasan pengetahuan para peserta diskusi khususnya mahasiswa FH USU tentang Lembaga Kepresidenan di Indonesia yang pembahasan dan pengaturannya memang diatur dalam konstitusi NKRI UUD 1945, bahkan lembaga kepresidenan menjadi figur yang sentral dalam UUD 1945 yang berlaku saat ini.  

Keynote Speech dalam acara ini adalah Deputi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Sekretaris Kabinet Bistok Simbolon, SH., MH., dan nara sumber lainnya yaitu Drs. Nazaruddin, SH., MA., dengan judul Sistem Aturan Penyelenggaraan Negara Suatu Kajian Terhadap Kekuasaan Presiden Menurut  UUD 1945, Dr. Mirza Nasution, SH., MHum., dengan judul Desain Ideal Lembaga Kepresidenan di Indonesia, kedua nara sumber ini adalah dosen FH USU dari Departemen Hukum Tata Negara dan Drs. Zakaria, M.SP., dengan judul Lembaga Kepresidenan Dalam Konteks Dualisme Sistem Presidensial, merupakan salah seorang dosen ilmu politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU, acara ini dipandu oleh moderator Roby Arya Brata, SH., LLM., MPP., PhD yang merupakan kepala bidang Hubungan Internasional Sekretaris Kabinet.***(Af)