logo fh

Kunjungan & Silaturahmi DR. SUPANDI, SH, M.HUM., Hakim Agung Mahkamah Agung RI ke Fakultas Hukum USU

Dr. Supandi, SH, MHum., Hakim Agung MARI berkunjung ke Fakultas Hukum USU pada Hari Sabtu tanggal 11 Februari 2012. Dalam kunjungan tersebut yang bersangkutan menyerahkan dua buku karya beliau yang berjudul “Hukum Peradilan Tata Usaha Negara (Kepatuhan Hukum Pejabat dalam Mentaati Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara)” dan “Keberadaan Pengadilan Pajak dalam Sistem Peradilan Nasional Indonesia”, yang kedua-duanya diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Bangsa Press.

supandi

Dalam kunjungan tersebut, Dr. Supandi disambut oleh Dekan Fakultas Hukum USU Prof. Dr. Runtung, SH, MHum., Pembantu Dekan I dan II serta Humas Fakultas Hukum USU. Dalam pertemuan tersebut Hakim Agung Supandi menyatakan bahwa Mahkamah Agung saat ini sering dijadikan keranjang sampah yang datang dari hulu, artinya semua perkara pada akhirnya berkumpul di tingkat Kasasi termasuk perkara yang sangat ringan dan sumir sekalipun. Sehingga akhirnya ribuan kasus mesti diputus oleh Mahkamah Agung. Apalagi istilah mafia peradilan menurut Supandi menyiratkan seolah-olah semua mafia terjadi di Pengadilan Negeri, Pengadilan  Tinggi dan Mahkamah Agung. Padahal dalam banyak kasus, mafia hukum juga terjadi di tingkat kepolisian dan Kejaksaan, misalnya kasus cicak dan buaya.

supandi1

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Hukum USU, sekaligus meminta kesediaan Dr. Supandi sebagai Orator dalam Dies Natalis USU yang ke 58 yang akan diadakan pada tanggal 12 Maret 2012, mengingat beliau ini juga merupakan salah seorang alumni dari S1, S2 dan S3 Fakultas Hukum USU dan beliau telah menyatakan kesediaannya.(ws)